Sabtu, 14 Juli 2012 | By: Muh Fadel R (Dr.Galau)

Tokoh-tokoh Dunia

      Ahahahaha ane skarang lg galau ga ada kerjaan nulis blog juga males jadi langsung aja neh ane tampilin tokoh dunia ya.....    klo paporit ane sich Galileo Galilei, tu tokoh hebat banget dia bisa menentukan teori bahwa tata surya kita berpusat di bumi kan gaul

Galileo Galilei ( 1564 – 1642 )

Galileo lahir di Pisa Tahun 1564. Selagi muda belajar di Universitas Pisa tetapi terhenti karena urusan keuangan. Meski begitu, tahun 1589 dia mampu dapat posisi pengajar di Universitas itu. Beberapa tahun kemudian dia bergabung dengan Universitas Padua dan menetap disana hingga tahun 1610. Dalam masa ini lah dia menciptakan tumpukan penemuan-penemuan ilmiah.
Sumbangan penting pertamanya di bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan bahwa benda yang lebih berat jatuh lebih cepat ketimbang benda yang lebih ringan. Tetapi Galileo lewat serentetan eksperimen dia membantah pendapat aristoteles itu. Yang benar adalah benda berat maupun benda ringan jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara. Penemuan ini (Penyeragaman percepatan) memiliki arti penting tersendiri. Bahkan lebih penting lagi Galileo berkemampuan menghimpun hasil penemuannya dengan formula matematik. Penggunaan formula matematik dan metode matematik merupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan moderen.
Sumbangan besar Galileo lainnya adalah penemuannya mengenai hukum kelambanan. Sebelumnya, orang percaya bahwa benda bergerak dengan sendirinya cenderung menjadi makin pelan dan sepenuhnya berhenti kalau saja tidak ada tenaga yang menambah kekuatan agar terus bergerak. Tapi percobaan-percobaan Galileo membuktikan bahwa anggapan itu keliru. Bilamana kekuatan melamban seperti misalnya pergeseran, dapat dihilangkan, benda bergerak cenderung tetap bergerak tanpa batas.
Penemuan Galileo yang paling masyur adalah dibidang astronomi. dia mengukuhkan teoriCopernicus bahwa bumi dan semua planet lainnya berputar mengelilingi matahari. Penemuan teleskop dan serentetan penemuan ini membuat Galileo jadi termasyur. sementara itu, dukungannya terhadap teori Copernicus menyebabkan dia berhadapan dengan kalangan gereja yang menentangnya habis-habisan. Pertentangan itu mencapai puncaknya di tahun 1616. Dia diperintahkan menahan diri menyebarkan hipotesa Copernicus. Baru sesudah paus meninggal tahun 1623, dia digantikan oleh orang yang mengagumi Galileo. Tahun berikutnya, Paus baru ini (Urban VIII) memberi pertanda walau samar-samar bahwa larangan buat Galileo tidak lagi dipaksakan.
Enam tahun berikutnya Galileo menghabiskan waktu menyusun karya ilmiahnya yang penting Dialog Tentang Dua Sistem Penting Dunia. Buku ini merupakan peragaan hebat hal-hal yang menyangkut dukungan terhadap teori Copernicus dan buku ini diterbitkan tahun 1632 dengan ijin sensor khusus dari gereja.


Cristopher Colombus ( 1451 – 1506 )

Colombus dilahirkan di Genoa Itali tahun 1451. Ketika berangkat dewasa, dia menjadi nahkoda kapal dan seorang navigator yang cekatan. Colombus yakin, tidak mustahil menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik dan dia dengan tekun merintis tekadnya. Karena itulah Colombus membujuk Ratu Isabelalla I menyediakan anggaran untuk ekspedisi percobaannya.
Kapalnya melepas sauh di pelabuhan Spanyol tanggal 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. Membongkar sauh di kepulaua Canary tanggal 6 September dan berlayar ke arah barat. Sebuah pelayaran yang sangat panjang tanpa menemukan daratan. Dan pada tanggal 2 Oktober 1492 daratan tampak di haluan.
Dataran tersebut adalah benua Amerika. Penemuannya sekaligus merupakan mahkota eksplorasi dan kolonisasi Dunia Baru dan sekaligus pula merupakan tonggak penting dalam sejarah. Bersamaan dengan itu, penemuannya juga mengakibatkan hancurnya kebudayaan bangsa Indian. Dalam jangka panjang, penemuan itu melahirkan satu bangsa baru di benua belahan barat, yang dengan amat cepatnya membedakan diri dengan bangsa indian selaku penduduk asli.
Colombus kembali ke spanyol bulan maret berikutnya dan penjelajahan yang dahsyat itu di sambut orang dengan penuh penghormatan. Sesudah itu Colombus melakukan serentetan pelayaran melintasi Atlantik dengan harapan menjejakan kaki di Cina dan Jepang. Ratu Isabella menjanjikan Colombus jadi gubernur di pulau manapn yang ditemuinya. Tapi, selaku administrator dia betul-betul tidak mampu sehingga dipecat dari jabatannya dan dikirim pulang ke spanyol dengan tangan terbelenggu. Tapi, sesampainya di spanyol dia dibebaskan, hanya saja tidak pernah diberi jabatan lagi. Kabar angin mengatakan Colombus mati dalam kemiskinan di tahun 1506.
Akhlak Colombus tidak lah sepenuhnya dikagumi. dia terkenal kikir juga serakah dan memperlakukan
orang-orang Indian dengan sangat kejam.


KARL MARX ( 1818 – 1883 )

Karl Marx pelopor utama gagasan “sosialisme ilmiah” dilahirkan tahun 1818 di kota trier, Jerman. Ayahnya ahli hukum dan di umur tujuh belas tahun Karl masuk Univrsitas Bonn, juga belajar hukum. kemudian dia pindah ke Universitas Berlin dan kemudian dapat gelar Doktor dalam ilmu filsafat dari Univrsitas Jena.
Karl Marx lebih tertarik ke dunia jurnalistik dan sebentar menjadi redaktur Rheinische Zeitung di Cologne. Tapi pandangan politiknya yang radikal menyeretnya ke dalam kesulitan dan memaksanya pindah ke Paris. Dan di Paris lah di pertama bertemu denganFriederich EagelsPersamaan pandangan politik mengikat tali persahabatan kedua orang ini hingga akhir hayatnya.
Karl Marx tidak lama tinggal di Paris, dia terusir dari sana dan kemudian pindah ke Brussel. Di kota inilah, tahun 1847, pertama kali menerbitkan buah pikirannya yang penting dan besar  The Poverty of Philosophy (Kemiskinan Filsafat).  Tahun berikutnya bersama dengan Friederich Eagles menerbitkan Communist Manifesto, buku yang akhirnya menjadi bacaan dunia. Pada tahun itu juga Marx kembali ke Cologne untuk kemudian terusir kembali dari sana hanya selang beberapa bulan. Karena terusir dari sana sini, akhirnya Marx menyebrang Selat Canal dan menetap di London hingga akhir hayatnya.
Marx menghabiskan sejumlah besar waktunya di London melakukan penyelidikan dan menulis buku-buku
tentang politik dan ekonomi. Jilid pertama Das Kapital, karya ilmiah marx terpenting terbit di tahun 1867. Ketika Marx meninggal di tahun 1883, jilid kedua belum sepenuhnya rampung. Kedua jilid itu disusun dan diterbitkan oleh eagles berpegangan pada catatan-catatan dan naskah yang ditinggalkan Marx. Karya tulisan Marx merumuskan dasar teoritis Komunisme.


Euclid ( ± 300 SM )

Tidak banyak orang yang beruntung memperoleh kemasyhuran yang abadi seperti Euclid, ahli ilmu ukur Yunani yang besar. Meskipun semasa hidupnya tokoh-tokoh seperti Napoleon, Martin Luther, Alexander yang agung, jauh lebih terkenal ketimbang Euclid tapi dalam jangka panjang ketenarannya mungkin mengungguli semua yang di sebut diatas.
Selain kemasyhurannya, hamper tidak ada keterangan terperinci mengenai kehidupan Euclid yang bias diketahui. Misalnya, kita tahu dia pernah aktif sebagai guru di Iskandariah, Mesir di sekitar tahun 300 SM, tapi kapan dia lahir dan kapan dia wafat betul-betul gelap. Bahkan kita tidak tahu di benua apa dan di kota apa dia dilahirkan. Meski dia menulis beberapa buku dan diantaranya masih tertinggal, kedudukannya dalam sejarah terutama terletak pada textbooknya yang hebat mengenai ilmu ukur yang bernama The Elements.
Arti penting buku The Elements tidaklah terletak pada pernyataan rumus-rumus pribadi yang dilontarkannya. Hamper semua teori yang terdapat di buku itu sudah pernah ditulis orang sebelumnya, dan juga sudah dapat dibuktikan kebenarannya. Sumbangan Euclid terletak pada cara pengaturan dari bahan-bahan dan permasalahan serta formulasinya secara menyeluruh dalam perencanaan penyusunan buku. Perlu dicatat bahwa buku The Elements selain terutama merupakan pengembangan dari bidang geometri yang ketat juga di samping itu mengandung bagian-bagian soal aljabar yang luas berikut teori penjumlahan.
Sebagai alat pelatih logika piiran manusia, buku The Elements jauh lebih berpengaruh ketimbang semua risalah Aristoteles tentang logika. Buku itu merupakan contoh yang komplit sekitar struktur deduktif dan sekaligus merupakan bauh pikir yang menakjubkan dari semua hasil kreasi otak manusia.
Adalah adil jika kita mengatakan bahwa buku Euclid merupakan faktor penting bagi pertumbuhan ilmu pengetahuan modern. Ilmu pengetahuan bukan sekedar kumpulan dari pengamatan-pengamatan yang cermat dan bukan pula sekedar generalisasi yang tajam serta bijak. Hasil besar yang direngut ilmu pengetahuan modern berasal dari kombinasi antara kerja penyelidik empiris dan percobaan-percobaan di satu pihak, dengan analisa hati-hati dan kesimpulan yang punya dasar kuat di lain pihak
Pengaruh Euclid terhadap Sir Isaac Newton sangat kentara sekali, sejak Newton menulis buku kesohornya The Principia dalam bentuk kegeometrian, mirip dengan The Element. Berbagai ilmuan mencoba menyamakan diri dengan Euclid dengan jalan memperlihatkan bagaimana semua kesimpulan mereka secara logis berasal mula dari asumsi asli. Tak kecuali yang di perbuat oleh ahli matematika seperti Russel, Whitehead dan filosof Spinoza.


Albert Einstein (1879 – 1955)

Albert Einstein adalah seorang ilmuan terhebat abad ke-20. Cendikiawan tak ada tandingannya sepanjang jaman. Termasuk karena teori “ relativitas ‘ –nya. Sebenarnya teori inni merupakan dua teori yang bertautan sat sama lain : Teori Khusus “ relativitas “ yang dirumuskannya tahun 1905 dan teori umum “ relativitas “ yang dirumuskannya tahun1915, lebih dikenal dengan gaya berat Einstein. Kedua teori ini teramat rumit, karena itu bukan tempatnya disini menjelaskannya.
Einstein lahir tahun 1879 di kota Ulm Jerman. Dia memasuki perguruan tinggi di Swis dan menjadi warga Negara Swiss tahun 1900. Di tahun 1905 dia mendapat gelar Doktor dari Universitas Zurich. Di tahun itu pula dia menerbitkan kertas kerja perihal “ relative khusus “, perihal efek foto elektrik, dan tentang teori gerak Brown. Hanya dalam beberapa tahun saja kertas-kertas kerjanya itu, terutama yang menyangkut relatifitas, telah mengangkatnya menjadi seorang ilmuan paling cemerlang dan paling orisinil di dunia. Teori-teoriny sangat kontroversial. Tak ada ilmuan dunia kecuali Darwin yang pernah menciptakan situasi kontroversial seperti Einstein. Di tahun1913 dia diangkat menjadi mahaguru di Universitas Berlin dan pada waktu yang sama diangkat menjadi Direktur Lembaga Fisika “ Kaisar Wilhelm “ serta menjadi anggota Akademi Ilmu Pengethuan Prusia. Jabatan-jabatan ini tidak mengikatnya untuk sebebas-bebasnya mengabdikan sepenuh waktu melakukan penyelidikan-penyelidikan, kapan saja dia suka.
Tepat dua tahun kemudian Einstein berhasil merumuskan “ teori umum Relativitas “. Dan tahun 1921 dia memperoleh hadiah Nobel. Karena Einstein seorang yahudi, kehidupannya di jerman menjadi tidak aman begitu hitler naik berkuasa. Di tahun1933 dia hijrah ke Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, bekerja di Lembaga Studi Lanjutan Tinggi dan di tahu 1940 menjadi warganegara Amerika Serikat. Perkawinan pertama Einstein berujung dengan perceraian, hanya perkawinan keduanya tampak bahagia. Mempunyai dua orang anak laki-laki. Einstein meninggal dunia tahu 1955 di Princeton.



Ts’ai Lun

Penemu bahan kertas Ts’ai Lun besar kemungkinan sebuah nama yang asing kebenarannya. Menimbangkan betapa pentingnya penemuannya, amatlah mengherankan orang-orang barat meremehkannya begitu saja. Tidak sedikit ensiklopedia besar tidak mencantumkan namanya barang sepatah kata pun. Ini sungguh keterlaluan.
Ts’ai Lun adalah seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan yang di tahun 105 M mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti. Catatan Cina tentang penemuan Ts’ai Lun ini ( terdapat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han ) sepenuhnya adalah benar dan dapat dipercaya.
Tak banyak yang dapat diketahui perihal kehidupan Ts’ai Lun, kecuali ada yang menyebut dia itu orang kebirian. Tercatat pula kaisar teramat girang dengan penemuan Ts’ai Lun, dan ia membuatnya naik pangkat, dan dapat gelar kebangsawanan. Tapi, belakangan dia terlibat dalam komplotan anti istana yang menyeret ke kejatuhan. Sesudah dia di pecat, Ts’ai Lun bunuh diri dengan meneggak racun.
Penggunaan kertas meluas di seluruh cina pada abad ke-2, dan dalam beberapa abad saja Cina sudah sanggup mengekspor kertas ke Negara-negara asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembikinan kertas ini. Namun pada tahun 750, beberapa tenaga ahli pembikin kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalam tempo singkat kertas sudah di produksi di Bagdad dan Sarmarkand. Teknik pembikinan kertas menyebar keseluruh dunia Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang eropa belajar teknik ini. Sesudah itulah pemakaian kertas mulai berkembang luas dan mengganti kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis menulis di barat.


ISAAC NEWTON (1642 – 1727)

Isaac Newton, ilmuan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia lahir di Woolsthrope, inggris tahun 1642, bertepatan dengan wafatnya Galileo. Dia lahir sesudah ayahnya meninggal. Di masa bocah dia sudah menunjukan kecakapan yang nyata di bidang mekanika dan teramat cekatan menggunakan tangannya.meskipun anak dengan otak cemerlang, disekolah tampaknya ogah-ogahan dan tidak banyak menarik perhatian. Pada umurnya delapan belas dia masuk uiversitas Cambridge. Di sinilah newton secara kilat menyerap apa yang kemudian terkenal dengan ilmu pengetahuan dan matematika dan dengan cepat pula mulai melakukan penyelidikan sendiri.antara umur 21 dan 27 tahun dia sudah meletakan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang pada gilirannya kemudian merubah dunia.
Penemuan teropong bintang, penemuan baru untuk penelitian astronomi oleh Newton telah merevolusionerkan bidang itu, dan yang dilakukannya di sektor mekanika telah menghasilkan apa yang kini terkenal dengan sebutan sebutan “Hukum Gerak Newton” yang pertama.
Ilmuan besar lain.
Newton sendiri agak ogah-ogahan menerbitkan dan mengumumkan penemuan –penemuannya. Gagasan dasar sudah disusunnya jauh sebelum tahun 1669 tapi banyak teori-teorinya baru diketahui publikbertahun-tahun sesudahnya. Penerbitan pertama penemuannya adalah menyangkut penjungkir-balikkan anggapan lama tentang hal-ihwal cahaya. Dalam serentetan percobaan yang seksama, Newton menemukan fakta bahwa apa yang lazim disebut orang “cahaya putih” sebenarnya tak lain dari campuran semua warna yang terkandung dalam pelang. Dan ia pun dengan sangat hati-hati melakukan analisa tentang akibat-akibat hokum pemantulan dan pembiasan cahaya. Pada tahun 1668 Newton merancang dan sekaligus membangun teropong refleksi pertama, model teropong yang dipergunakan oleh sebagian terbesar penyelidik bintang saat ini. Penemuan ini berbarengan dengan hasil-hasil yang diperolehnya Di bidang percobaan optik yang sudah diperagakannya, dipersembahkan olehnya kepada lembaga peneliti kerajaan inggris tatkala ia berumur 29 tahun.
Persembahan terbesarnya di bidang matematika adalah penemuannya tentang “Kalkulus Integral” yang memungkinkan tatkala dia berumur 23 atau 24 tahun. ini merupakan hasil karya terpenting dibidang matematika modern, tapi juga perabotan tak terelakan tanpa penemuannya itu kemajuan pengetahuan moderen yang datang menyusul merupakan hal yang mustahil.
Tapi penemuan-penemuan terpenting adalah dibidang mekanika, pengetahuan bergeraknya suatu benda. Masalah ini dipecahkan oleh newton dalam hukum geraknya yang kedua dan termasyhur dan dapat dianggap sebagai hokum fisika klasik yang paling utama. Hukum kedua ( F = m.a ) menetapkan bahwa akselerasi objek adalah sama sama dengan kekuatan netto dibagi kuantitas benda. Terhadap kedua hukum itu Newton menambah hukum ketiganya yang masyhur tentang gerak ( menegaskan bahwa pada tiap aksi, misalnya kekuatan fisik, terdapat reaksi reaksi yang sama dengan yang bertentangan ) serta yang paling termasyhur penemuannya tentang kaidah ilmiah hukum gaya berat universal. Keempat perangkat hukum ini, jika digabungkan, akan membentuk suatu kesatuan sistem yang berlaku buat seluruh makro sistem mekanika, mulai dari pergoyangan pendulum hingga gerak planet-planet dalam geraknya mengelilingi matahari yan dapat diawasi dan gerak-geriknya dapat diramalkan. Newton tiak Cuma menerapkan hukum-hukum mekanika, tapi dia sendiri juga menggunakan alat kalkulus matematika, dan menunjukan bahwa rumus-rumus fundamental ini dapat dipergunakan bagi pemecahan problem.
Apabila kita buka-buka indeks ensiklopedia ilmu pengetahuan, kita akan jumpai ihwal menyangkut Newton beserta hukum-hukum dan penemuan-penemuannya dua atau tiga kali lebih banyak jumlahnya disbanding ilmuan yang manapun juga. Kata cendikiawan besar Leibniz pernah terlibat dalam suatu pertengkaran sengit : “ dari semua yang menyangkut matematika dari mulai dunia berkembang hingga adanya Newton, orang itulah yang memberikan sumbangan terbaik “. Juga pujian diberikan oleh sarjana besar perancis, Laplace : “ Buku Principia Newton berada jauh diatas semua produk manusia jenius yang ada di dunia “. Dan Langrange sering menyatakan bahwa Newton adalah jenius terbesar yang pernah hidup. Sedangkan Ernst Mach dalam tulisannya di tahun 1901 brkata, “ Semua masalah matematika yang sudah terpecahkan sejak masa hidupnya merupakan dasar perkembangan mekanika berdasar atas hukum-hukum Newton “.
Newton juga member sumbangsih besar di bidang thermodinamika ( penyelidikan terhadap panas ) dan dibidang acoustic ( ilmu tentang suara ). Newton juga menemukan dalil binomial dalam matematika yang amat logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Dia juga orang pertama yang mengutarakan secara meyakinkan ihwal asal mula bintang-bintang. Dan masih banyak lagi penemuan-penemuan yang mustahil di beberkan dalam uraian ini.
Newton menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1727, dikebumikan di Westminster Abbey.



0 komentar:

Posting Komentar